Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Upacara Hari Raya Karo Adat Suku Tengger Berlangsung Khidmad

Senin, 23 Agustus 2021 | 21:16 WIB Last Updated 2021-08-23T14:22:28Z
Tari Sodoran, Pembukaan Upacara Hari Raya Karo

Pasuruan - Suku Tengger yang berada di lereng Gunung Bromo lakukan upacara pembukaan Hari Raya Karo, dimana suku tengger tersebut berasal dari dua kecamatan yaitu Kecamatan Tosari dan Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.

Acara digelar di Balai Desa Tosari, Upacara Hari Raya Karo ini berjalan dengan khidmat serta kesakralan yang sangat kental.

Informasi yang dihimpun, Upacara tersebut di awali dengan tarian yang di namai tari Sodoran dari 10 Desa yang masuk dalam suku tengger, semua yang mengikuti Upacara tersebut, baik Camat sampai Kepala Desa juga mengikuti menggunakan pakaian khas adat Suku Tengger.

Kepada wartawan, AKD se Kekecamatan Tosari, Waduk Imron, mengatakan kalau upacara Hari Raya Karo ini adalah Hari Raya Suku Tengger dan adat Suku Tengger yang memulai pembukaan hari raya dengan Upacara sodoran karena sesuai tata cara adat dan kearifan lokal.

"Untuk desa yang mengikuti Karo ada 8 Desa dari Kecamatan Tosari dan 2 Desa dari Kecamatan Tutur", kata Imron, Senin (23/8).

"Karena di musim pandemi, peserta Upacara di batasi dan tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan", tutupnya. (Har/Muh).
×
Berita Terbaru Update