Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tanda (X) Dijadikan Pengusir Lampor di Nongkojajar

Kamis, 22 Juli 2021 | 15:22 WIB Last Updated 2021-07-22T08:25:52Z
Tanda (X) dengan kapur yang di pasang di depan pintu rumah

Pasuruan - Maraknya wabah penyakit dan orang meninggal karena COVID-19, membuat masyarakat ber asumsi itu adalah Pagebluk atau Lampor.

Informasi yang dihimlun awak media, berbagai cara masyarakat dalam mengantisipasi agar tidak di datangi penyakit Lampor ini.

Salah satunya ialah dengan menggunakan penangkal tanda (X) di depan pintu atau jendela yang di tandai dengan kapur/gamping. dengan kepercayaan orang dulu biar tidak di datangi atau di lewati Pagebluk.

Tanda (X) yang berada di jendela

Hal ini di sampaikan oleh, Kustini (28th) dan Kristian (18th), mereke berdua adalah warga Dusun Wonokoyo Desa Ngadirejo Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. Kepada potretwarta.co.id mereka mengatakan bahwa tanda tersebut adalah sebagai penolak agar tidak di datangi Lampor.

"Tanda (X) ini adalah sebagai penolak agar tidak di datangi Lampor, dan ini sudah digunakan para lelur kami pada zaman dahulu", ungkapnya. Kamis (22/7).

Selain itu, Karsono (55th) juga warga setempat, membenarkan dengan adanya tanda (X) tersebut, dan itu memang digunakan sebagai penolak balak.

"Benar, orang tua dulu selalu menggunakan tanda (X) ini sebagai tolak biar selamat dan terhindar dari Lampor", papar Karsono.

Lanjut Karsono, "Tidak hanya di wilayah kecamatan Tutur saja, tapi juga banyak rumah-rumah di wilayah kecamatan lain, seperti di Tosari dan Puspo, diberi tanda (X) ini, agar selamat dari Lampor". (Har/Muh)
×
Berita Terbaru Update