Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Untuk Kesehatan

Senin, 24 Mei 2021 | 14:32 WIB Last Updated 2021-05-24T07:33:41Z
Daun Bidara (muhammad/potretwarta)


Pasuruan - Daun bidara atau di sebut "widara" sudah banyak di temui di tanah jawa, bahkan sudah tidak asing lagi. Karena pohon ini banyak yang tumbuh pada tanah kering.


Sebagian masyarakat jawa ada yang meyakini secara mistis daun bidara ini adalah daun ajaib, selain bisa mengusir penyakit juga bisa mengusir makhluk halus yang mengganggu dan bertengger pada tubuh manusia.


Namun disisi lain juga banyak orang yang menggunakan daun dari pohon bernama latin Ziziphus mauritiana ini untuk alasan kesehatan. Bahkan manfaat daun bidara sudah diuji dan dibuktikan oleh beberapa penelitian.


Dalam pengobatan tradisional, daun bidara digunakan sebagai antidiabetes, sedatif, bronkitis, dan antidiare. Serta mengandung manfaat kesehatan dan potensi nutrisi senyawa bioaktif daun bidara.


Menurut dr. Arina Heidyana, manfaat daun bidara memang banyak, mulai dari mengontrol gula darah sampai masalah lambung.


"Manfaatnya antara lain bisa mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, melancarkan pencernaan, menurunkan demam, dan meredakan gangguan lambung," ungkap dr. Arina Heidyana.


Seperti yang di ketahui potretwarta.co.id, daun bidara milik petani yang bernama Riki (30th) asal Purwodadi kabupaten Pasuruan, sering di mintai orang lantaran untuk kebutuhan kesehatan secara mistis, salah satuhnya untuk mengusir jin dari tubuh manusia. Senin (24/5/2020).


" Ada banyak orang yang meminta daun bidara ini, katanya buat menyembuhkan penyakit dan mengusir jin ", ujar Riki. (Muh)

×
Berita Terbaru Update