Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Alas Gunung Keciri Sering Alami Kebakaran, Sehingga Hutannya Jadi Gundul

Sabtu, 23 Januari 2021 | 20:59 WIB Last Updated 2021-01-23T14:01:16Z
Adm KPH Pasuruan, Ida Jati (paling kiri) (Hartoyo/potretwarta)

Pasuruan - Kebakaran yang sering terjadi di Alas Gunung Keciri membuat hutannya hangus dan gundul, hanya semak belukar saja yang tumbuh disana.

Kawasan hutan ini adalah kawasan dalam tanggung jawabnya Perhutani dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Tepatnya terletak desa Ngadirejo Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan.

Dengan adanya hal ini, semua elemen bekerja sama akan melakukan penanaman bersama agar hutan tersebut kembali normal.

Element yang tergabung seperti, Perum Perhutani KPH Pasuruan, BKPH Tosari, TNBTS Penanjakan, Paguyuban Lembaga Masyarakat Desa Hutan (PLMDH), Yayasan Masyarakat Peduli (YMP).

Selain itu, juga membuat sarana jalan untuk akses jalan menuju hutan Gunung Keciri ini, dengan langkah awal yang di lakukan ialah pembuatan jembatan bambu nyeberang sungai guna mempermudah masuk akses lokasi.

Dari pihak Perhutani, KPH Pasuruan, dihadiri langsung, Adm, Ida jati, yang ikut serta memperbaiki alur jalan yang sulit, serta pembuatan jembatan dengan tujuan mempermudah akomodasi untuk penanaman pohon yang di upayakannya.

" Kita memang harus membuat alur jalan yang sulit ini menjadi mudah, agar nanti saat penanaman tidak kesulitan dalam membawa bibitnya," kata Ida, kepada wartawan, Sabtu (23/1/2021).

Ida berharap, Hutan ini harus pulih karena setiap tahun sering terjadi kebakaran terutama yang terakhir di tahun 2019 kemaren, kebakaran besar di Hutan Gunung Keciri ini. (Har).
×
Berita Terbaru Update