Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Manfaat Biopori Menurut Anggota Dewan Kabupaten Pasuruan

Kamis, 03 Desember 2020 | 18:14 WIB Last Updated 2020-12-04T03:20:08Z
Anggota Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Pasuruan, Sugiarto (Foto: Samsudin)

Pasuruan - Konservasi dengan lingkungan dan alam, bukanlah hal yang lumrah di ketahui banyak orang, salah satunya ialah pembuatan lobang resapan air biopori.

Hal ini, di fungsikan menjaga kelestarian lingkungan hidup serta mencegah akan terjadinya banjir.

Anggota Fraksi Golkar, DPRD Kabupaten Pasuruan, Komisi II, Sugiarto, mengajak kepada Kelompok Wanita 'Guyub Rukun' yang berada di Desa Pager RT.02/RW.01 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, untuk praktek langsung dalam penggunaanya. Kamis (3/12/2020).

Sebanyak, 250 pcs Biopori yang di berikannya, dengan diameter pipa 4 dim dengan panjang 80 cm, dan ruang pipa di dalam dengan diameter 2 dim.

Menurut, Sugiarto, manfaat biopori ini, bukan hanya untuk penyerapan air semata, tetapi juga berguna untuk fermentasi sampah organik, untuk makanan mikroganisme didalam tanah.

" Sangat bermanfaat bagi fermentasi sampah organik, untuk makanan mikro ganisme didalam tanah yang dapat menciptakan biopori, untuk memperlancar peresapan air hujan kedalam tanah," Kata Sugiarto.

" Manfaat lainnya adalah, mempermudah pelaksanaan penanganan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle) di tempat terdekat dengan sumbernya, sehingga tidak memerlukan pengangkutan dan tempat pembuangan ke tempat lain," imbuhnya. (Sam)
×
Berita Terbaru Update