Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Memanfaatkan Limbah Kotoran Sapi, Kartar 'Sido Mulyo' Sulap Jadi Pupuk Pembibitan

Minggu, 26 Juli 2020 | 18:55 WIB Last Updated 2020-07-26T11:56:45Z
Ratusan bibit tanaman yang di polibek (foto : Muhammad/potretwarta)
Pasuruan - Karang Taruna (Kartar) 'Sido Mulyo' berinovatif memanfaatkan kotoran ternah sapi perah menjadi pupuk pembibitan, dengan pengelolahannya di ambil setelah kotoran itu menjadi biogas.

Meski Kartar Sido Mulyo adalah Sub Kartar tingkat dusun, yaitu dusun Surogalih desa Pucangsari kecamatan Purwodadi kabupaten Pasuruan, terus menggali potensi diri untuk berkarya demi masyarakat di sekitarnya.

Berbagai macam jenis tanaman yang di bibitnya, mulai dari cabe, tomat, terong, bawang merah, kunyit dan jahe. Hal ini lantaran untuk ketahanan pangan akan pandemi covid 19 yang berlangsung sampai saat ini.

Di lansir potretwarta, Rudi Prastiyo (35) selaku ketua kartar Sido Mulyo, mengatakan bahwa aktivitas ini murni inisiatif para anggotanya, bahkan sampai iuran setiap kali pertemuan dan ini sama sekali tidak di sentuh oleh Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Minggu (26/7/2020).

" Semua ini adalah inisiatif sendiri, dengan bertujuan untuk ketahanan pangan dan sisanya untuk di jual, sementara ini kami belum tersentuh oleh Pemerintah Desa apalagi di fasilitasi," Tutur Rudi.

Masih kata Rudi, anggotanya mengeluhkan, sebenarnya banyak ide kreatifitas para pemuda ini namun terkendala di modal.

" Kendalanya di modal, untuk menjadi maju dan berkembang, hingga aktifitas ini di laksanakan apa adanya," Sambungnya. (Muh/Muh).
×
Berita Terbaru Update