Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan DPRD

Space Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kejuaraan Paralayang Se-Indonesia di Bukit Mandigu , Menjadi Pendongkrak Pariwisata , Ekonomi dan Pendidikan

Sabtu, 02 November 2019 | 22:31 WIB Last Updated 2020-05-04T07:38:51Z

Jember | www.potretwarta.co.id - Gelaran even Kejuaraan Paralayang se-Indonesia yang selenggarakan di Bukit Mandigu di Desa Suco , Kecamatan Mumbulsari ini , bukan sekedar olahraga dirgantara saja . Hal ini bukan tanpa sebab , karena olahraga ini terkait dengan pengembangan pariwisata , ekonomi dan pendidikan . “ Ini harus dijalankan bersama-sama , ” kata Bupati Jember dr. Faida, MMR .

Bupati Faida bersama unsur Forkopimda Kabupaten Jember membuka kejuaraan paralayang se-Indonesia tersebut pada Sabtu , 02 November 2019 .

“ Ini bukan hanya untuk sekelompok orang , tetapi kepentingan kita bersama , " lanjut Bupati Faida .

Di arena kejuaraan tersebut juga dijual produk-produk UMKM Kecamatan Mumbulsari sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi lokal . Kegiatan ini bisa diselenggarakan karena ada tempat yang sangat bagus di Jember . ” Kita beruntung ada tempat bagus seperti ini , ” ungkap Bupati Faida .


Bukit Mandigu sendiri bukan hanya indah untuk pariwisata dan bermanfaat dari kehutanannya . Tempat ini juga bagus untuk olahraga kedirgantaraan . Kejuaraan Paralayang pertama ini diselenggarakan atas kerja sama dengan Lanud Abdurrahman Saleh , yang telah dibicarakan sejak setahun lalu .

Diharapkan sinergi ini bisa berjalan dengan baik dari tahun ke tahun , sebagai upaya untuk mengungkit pariwisata dan prestasi olahraga di Jember . “ Dari Jember untuk Indonesia . Selamat bertanding , " seru Bupati Faida .

Kolonel Pnb. Eko Sudjatmiko Komandan Wing 2 Abdurrahman Saleh menyampaikan , kejurnas ini bukan sekedar olahraga , tetapi juga bisa mengembangkan potensi wisata daerah .

“ Kami sangat mengapresiasi Pemkab Jember , yang sudah berinovasi dan kreatif . Ini ide yang sangat cemerlang dari bupati , ” kata Kolonel Pnb. Eko Sudjatmiko .

Ide kreatif itu untuk mencapai tiga aspek tujuan , yaitu untuk membina para atlit , mengedukasi masyarakat dan mengembangkan pariwisata .

” Ini memang sangat berkesinambungan . Kalau ini maju , nanti venue-nya bagus , bisa dijadikan pariwisata , dengan safety harus dipegang teguh . Safety ( keamanan , red) harus menjadi prioritas utama , ” jelas Kolonel Pnb. Eko Sudjatmiko .

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ni Ketut Ardani S. Psi M. Kes, dalam kesempatan itu menyampaikan , kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memasarkan cabang olahraga tanah air . Paralayang ini sebagai salah satu cabang olahraga resmi pekan olahraga nasional yang perlu dinekalkan kepada masyarakat .

“ Serta mengedukasi , utamanya pelajar dan mahasiswa tentang olahraga dirgantara , ” terang Ni Ketut Ardani .

Gelaran even paralayang ini juga untuk memperkenalkan potensi wisata olahraga dan budaya yang dimiliki Kabupaten Jember kepada masyarakat luas . Utamanya kepada peserta kejuaraan paralayang yang sebagian besar berasal dari luar Kabupaten Jember .

Kejuaraan paralayang se-Indonesia ini juga untuk memberikan hiburan kepada masyarakat secara gratis , sekaligus memberdayakan usaha kecil dan menengah di Kabupaten Jember .

Gelaran even ini dilaksanakan dari tanggal 1-3 November 2019 , dengan mempertandingkan ketepatan mendarat senior putra dan putri , ketepatan mendarat junior putra dan putri . ketepatan mendarat untuk siswa putra san putri , ketepatan mendarat untuk militer putra dan putri .

“ Kejuaraan Piala Bupati Jember ini diikuti oleh peserta dari Kabupaten Jember dan luar Kabupaten Jember , dengan jumlah 85 orang peserta . Para peserta mendapatkan asuransi gratis dari Pemerintah Kabupaten Jember , " pungkas Ni Ketut Ardani . (Nunung)
×
Berita Terbaru Update